Struktur Organisasi

Manajemen Pendukung Lembaga

Pelaksanaan organisasi Mitra Samya mendapat kontrol dari Dewan Pengawas yang dipilih dari Anggota Perkumpulan setiap 3 tahun sekali. Peran pengawasan ini dilakukan melaui mekanisme pertemuan dan konsultasi dengan Badan Pelaksana secara rutin. Pertanggungjawaban publik Mitra Samya dilakukan dengan mekanisme RUANG Perkumpulan 3 tahun sekali, yang sekaligus menjadi media untuk menentukan arah lembaga dan meminta stakeholder memberikan input dalam rangka arahan strategis lembaga 3 tahun selanjutnya.

Mekanisme RUANG Perkumpulan adalah kekuasaan tertinggi pengambil keputusan Mitra Samya karena memutuskan arah program yang dimandatkan bagi Badan Pelaksana untuk dijabarkan dalam program operasional. Dalam RUANG, Badan Pelaksana harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban resmi dimana anggota bisa memberikan penilaian kinerja 3 tahun sebelumnya dan menjadi pertimbangan untuk pemilihan Badan Pelaksana 3 tahun kedepan. Direktur Badan Pelaksana hanya bisa dipilih 2 kali berturut-turut, artinya aturan lembaga tidak menghendaki anggota perkumpulan menjadi Direktur > 6 tahun berturut-turut. Mekanisme ini dirancang dalam kerangka membangun generasi kepemimpinan dengan sistem rotasi.

Pelaksanaan manajemen kelembagaan dan operasionalisasi Mitra Samya didukung dengan sistem manajemen yang sudah terbangun sejak dini. Struktur Organisasi Mitra Samya dapat dilihat sebagai berikut:

Mitra Samya dioperasionalkan oleh Badan Pelaksana, Dewan Pengawas, Panel Pakar dan tenaga pendukung. Unsur kelembagaan Mitra Samya ditetapkan sebagai berikut:

«  Dewan Pengawas

Mitra Samya memiliki 3 orang Dewan Pengawas yang bertugas mengawasi kinerja lembaga baik program maupun keuangan lembaga. Selain melakukan pengawasan terhadap kinerja organisasi, dalam perjalanan lembaga Badan Pelaksana juga berkonsultasi kepada Dewan Pengawas.

Poedjiono Djoko Sawolo, SE.

:

Ketua, melakukan pengawasan keuangan

Ahmad Syarifuddin, S.Hut

:

Anggota, melakukan pengawasan program dan keuangan

Raimah

:

Anggota, melakukan pengawasan program dan keuangan

«  Badan Pelaksana

Mitra Samya dipimpin oleh Direktur, dengan dukungan penuh dari Manajer Kantor. Manajer  Kantor dibantu oleh staf Keuangan, Administrasi dan kasir. Operasional harian kantor juga dukungan oleh dua orang dibidang kerumah tanggaan. Pelaksanaan program yang dilakukan oleh empat divisi yaitu: Divisi Sumber Daya Alam, Divisi Pengembangan Pendekatan Studi, dan Divisi Media dan Komunikasi Pembangunan

Direktur

: Ir. Purnama Sidhi

Manajer Kantor

: Wienda Ardhianti, SE
Divisi Sumber Daya Alam   Divisi Pengembangan Pendekatan Studi   Divisi Media dan Komunikasi Pembangunan
« Ir. I Gst Bagus Aryawa « Husnuzzoni, SP « Ir. Wiji Johar Santoso
« M. Syauqi Akbar F,Amdt « Ni Made Sukantini
Keuangan   Administrasi dan Kasir   Rumah Tangga
« Tina Rahmawati, SE « Halimatun Suhaebah « I Komang Erwin Arwinis
« Mahar

«  Panel Pakar

Mitra Samya didukung oleh penasehat dari Panel Pakar, terdiri dari personil dengan keahlian khusus, yaitu: metodologi partisipatif, peningkatan kapasitas, pengembangan masyarakat; Pengelolaan Sumber Daya Alam, Penelitian dan Pengembangan Media; sosial dan ekonomi analisis, sumber daya, Teknik Lingkungan dan Pelatihan Partisipatif. Semua anggota panel pakar juga memiliki pengalaman dalam pelatihan dan fasilitasi pendekatan partisipatif. Tergantung pada kebutuhan Mitra Samya, panel pakar  juga dapat digunakan sebagai paruh waktu. Adapun personil Paner Pakar Mitra Samya, sbb:

Ir. I Nyoman Oka

Mantan Direktur, ahli dalam metodologi partisipatif, peningkatan kapasitas dan pengembangan masyarakat

Ir Eko Bambang Sutedjo, MM.

Mantan Ketua Dewan Pengawas, ahli dalam manajemen sumber daya alam, mantan kepala beberapa posisi di Kantor Departemen Kehutanan Nusa Tenggara Barat

Suyono, SE

Mantan Kepala Divisi Studi dan Advokasi, ahli dalam analisis sosial dan ekonomi

Ir. Markum, M.Sc

Mantan Ketua Dewan Pengawas, seorang ahli dalam penelitian dalam sumber daya alam, terutama pertanian, saat ini sebagai profesor di Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Ir. Amin Robiarto

Ahli dalam lingkungan teknis dan pelatihan partisipatif

Ir. Lalu Muhammad Amin, MM

Ahli dalam manajemen sumber daya alam dan sebagai Asisten II di Bappeda Kabupaten Lombok Tengah

Ir. Putu Putra Suardika

Ahli dalam lingkungan teknis dan pelatihan partisipatif

«  Tenaga Pendukung

Mitra Samya juga memiliki tenaga pendukung/paruh waktu dengan pengalaman tertentu. Tenaga pendukung/paruh waktu umumnya merupakan personil yang sering bekerja dengan Mitra Samya dan memiliki visi yang relevan dengan lembaga. Tenaga pendukung/paruh waktu digunakan tergantung pada kebutuhan program Mitra Samya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s