Program CLTS Muntigunung

CLTS (Community Led Total Sanitation) Program Pencontohan di Muntigunung, Karang Asem, Bali

Dusun Muntigunung, (1154 keluarga mewakili total populasi 5.319 – terdiri dari  35 kelompok), merupakan bagian dari Desa Tianjar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem di bagian timur utara Bali. Daerah ini mencakup 28 km² di ketinggian antara 200 dan 800 meter di atas permukaan laut. Dataran yang berkontur dan ngarai kecil membuat sulit untuk menyeberang dari satu Kelompok ke kelompok yang lain. 13 dari 35 desa tidak dapat dicapai dengan kendaraan melainkan harus berjalan kaki.

Praktek perilaku kebersihan oleh masyarakat Muntigunung sangat rendah dan sanitasi lingkungannya juga masih sangat buruk. Tak satu pun dari keluarga di kelompok percontohan memiliki fasilitas sanitasi yang aman. Buang air besar terbuka masih merupakan praktek umum oleh masyarakat. Perilaku buang air besar terbuka yang telah menjadi kebiasaan sejak dulu telah membuat masyarakat kehilangan perasaan malu dan menjijikkan. Pengetahuan tentang bagaimana kuman bisa diangkut dari kotoran ke mulut makanan dan manusia (rute kontaminasi) belum menjadi pengetahuan umum di masyarakat pada saat ini.

Karena jumlah pengunjung dalam program “trekking” meningkat, masyarakat telah mulai memiliki perasaan tidak nyaman karena mereka tidak memiliki fasilitas sanitasi, jika pengunjung meminta untuk menggunakan toilet maka harus  tersedia di sekitar. Ada juga bukti gigitan ular kecil pada anak di semak-semak, meskipun kasus itu agak langka. Ini dapat digunakan sebagai masukan untuk menumbuhkan rasa takut dan merasa tidak nyaman untuk buang air besar di dalam semak-semak.

Rumah-rumah tidak terlalu dekat satu sama lain, tetapi masyarakat membuat cluster dari daerah di mana mereka dikelompokkan ke dalam satu Kelompok. Untuk alasan ini, pendekatan CLTS dapat diterapkan untuk setiap Kelompok individu secara terpisah. Seperti masyarakat desa lainnya di Indonesia pada umumnya, masyarakat Muntigunung juga memiliki budaya “gotong royong” dimana anggota masyarakat masih memiliki kegiatan sosial untuk dilakukan bersama-sama dalam setiap kegiatan masyarakat. Kebiasaan ini dapat mendukung keberhasilan program CLTS. Selain itu, masyarakat di Cangkeng dan Kulkul, dimana program peningkatan penghasilan telah diperkenalkan, memiliki kegiatan “arisan”. Mekanisme arisan ini adalah sedemikian rupa sehingga masyarakat mengumpulkan sejumlah uang dari setiap anggota setiap minggu dan uang yang terkumpul akan diberikan kepada satu anggota dengan berdasarkan hasil undian. Mekanisme ini dapat digunakan dalam mendukung penyediaan fasilitas sanitasi.

Berangkat dari latar belakang dan strategi yang telah disusun, Yayasan Masa Depan Anak anak (Masa Depan untuk Anak-Anak / VZK) akan mendorong perubahan perilaku di bidang sanitasi sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Belajar dari pengalaman berbagai pihak dalam melaksanakan program-program sanitasi, strategi pemicuan untuk mengubah perilaku masyarakat terbukti paling efektif saat ini. Metode dan pendekatan STBM diterapkan dalam rangka untuk memulai promosi perubahan perilaku dalam hal higiene dan sanitasi.

Pada tahun pertama, akan dilaksanakan program pilot di 3 kelompok yaitu kelompok Cangkeng, Kulkul 1 dan Kulkul-2. Ketiga kelompok ini telah memiliki struktur sosial yang dapat membantu proses motivasi, ketua kelompok dan beberapa tokoh masyarakat juga telah memiliki motivasi yang baik untuk membut perubahan di masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Program pilot akan fokus untuk mengubah perilaku masyarakat membuang air besar di tempat terbuka dengan pendekatan sistematis pemicuan dimana subsidi sarana (hardware) diminimalkan.

Dalam rangka merubah prilaku masyarakat agar terjadinya peningkatan derajat kesehatan masyarakat  maka yayasan VZK bekerjasama dengan Mitra Samya (Lembaga Studi Partisipatif Dan Demokrasi) yang telah memiliki pengalaman banyak dibidang pengembangan masyarakat khususnya sanitasi berbasis masyarakat (STBM) atau Community Led Total Sanitation (CLTS).

Advertisements
By Mitra Samya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s